Selamat Datang Di Blog Bambang Bayu Aldi

Kamis, 13 Oktober 2011

Penduduk Dan Kebudayaan Indonesia



Salam informatika kembali dari admin sharing-sciene, pada postingan kali ini, saya akan membahas sedikit permasalah sosial dan kritik terhadap kebudayaan indonesia+sedikit motivasi untuk anda. ^_^

Pertama saya disini akan membahas tentang penduduk indonesia yang berlebihan dan tidak sebanding dengan fasilitas dan lapangan kerja yang ada, atau biasa disebut overload.




Indonesia dengan jumlah penduduknya kira-kira 185 juta, termasuk negara-negara yang paling banyak jumlah penduduknya. Kalau di masa depan jumlah ini mau jadi lebih banyak lagi, pasti ada lebih banyak masalah sosial lagi dong yang akan bertambah. Jumlah penduduk segini aja udah banyak masalah, apalagi tambah banyak??? ga masyarakat, RT, RW, atau pejabat petinggi negara lainnya, semua tidak lepas dari masalah hukum atau pidana.



Pemerintah Indonesia sudah mengambil dua macam tindakan untuk mencegah masalah sosial ini. Yang pertama adalah program KB atau Keluarga Berencana dan yang kedua adalah program transmigrasi. tapi apa hasilnya???? NOTHING

Program transmigrasi adalah program nasional untuk memindahkan kelompok penduduk dari satu tempat ke tempat yang lain. by wikipedia tapi suatu program tidak lepas dari hal positif dan negatif, misalnya pada hal negatif transmigran, mengenai hutan yang menghilang karena transmigran. Mereka menebang pohon-pohon untuk mempersiapkan ladang mereka untuk disinggahi. Juga ada masalah kehilangan tempat tinggal orang setempat. Tanah mereka diambil orang transmigran yang baru. sungguh kasihan bukan??? apa pemerintah tidak berpikir jauh sebelum bertindak???? pasti berpikir dong, pemerintah bukanlah orang sembarangan.

Sebenarnya transmigrasi memiliki dampak yang sangat positif, dan terbukti sukses, banyak orang dipindahkan dalam program ini, dan kehidupan mereka sekarang jauh lebih baik daripada dulu. jadi tergantung kita menyikapi semuanya aja, mau diambil contoh yang negatif atau positif.

yang kedua adalah masalah keluarga berencana (KB). dengan slogan "dua anak lebih baik", tapi apa di anut oleh masyarakat indonesia???? banyak orang didaerah yang masih berpikir dengan slogan nenek moyangnya yaitu "banyak anak banyak rejeki". tapi apa benar banyak rejeki??? saya pribadi si ga deh, menurut pendapat saya pribadi ketika orang tua memiliki anak banyak, tentu pengeluaran berbanding lurus bukan dengan jumlah anaknya? apa pengeluaran ga banyak tu??? misalnya ada orang yang memiliki anak 7 dengan penghasilan yang pas-pas an, apa mungkin orang tuanya bisa membiayai anaknya semua? dari makan, sampai sekolah tingkat tinggi? kalo menurut saya pribadi sebagai mahasiswa, kalo mau punya anak banyak liat sikon dulu, liat kedepannya, bisa memfasilitasi atau tidak, jangan asal cetak aja tu anak, kasian kalo udah lahir sengsara. hehe =D

jadi menurut saya KB adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah overload yang terjadi di indonesia, tapi emang dasar masyarakatnya aja si yang bandel, dikasih tau yang bener tapi ga diikutin, tapi kalo ada yang salah, banyak pula yang ngikutin? ada apa ini dengan bangsa kita???  kapan bangsa kita maju?? hanya niat dan ucapan saja untuk maju tidak cukup, harus diiringi dengan kekompakan, "bhineka tunggal ika". 


Dan satu lagi yang ingin saya kritik tentang pengaruh budaya luar terhadap indonesia yang sangat memprihatinkan, budaya baratlah yang sering menjadi trend dalam indonesia, padahal kita hidup dimana????? apa kita termasuk barat???

Selama ini kita sering lihat, dengar atau apalah, segala sesuatu yang berbau barat, dan seperti saya, saya juga sudah termakan oleh budaya barat, tapi semua itu saya jalankan menurut naluri dan perkembangan jaman yang tidak saya sadari. karena banyak orang beranggapan budaya barat itu lebih keren dan lebih modern dibanding timur, seperti saya. hehe

lagi-lagi pasti ada dampak postif dan negatifnya, tapi sebenernya lebih banyak dampak negatifnya, seperti masalah yang terjadi waktu negara tetangga kita mengambil kebudayaan kita, dulu apakah batik dihargai???? dulu biasa aja setau saya.

Tapi apa? setelah diclaim malaysia, langsung heboh, nyaci maki malaysia. sampe akhirnya indonesia menang baru deh sekarang batik baru dihargai, sampe ada hari batik nasional, apakah semua kebudayaan indonesia harus diclaim dulu oleh negara lain baru kita mengahargai budaya sendiri???? banggakan budaya sendiri dulu kawan sebelum membanggakan budaya orang. masih banyak hal negatif lainnya dan yang sebenernya panjang kalo harus ditulis disini. hehe

Apa dong dampak positifnya? oh pasti ada dong. yaitu bisa membuat negeri indonesia lebih maju dalam hal teknologi apabila mengikuti budaya barat, tapi coba deh pikir kita tu sebenernya sama negara bagian barat sama kok otaknya, sama-sama ciptaan tuhan, memiliki otak dan pikiran tapi kenapa mereka yang lebih pintar dari kita ya??? banyak penemu-penemu elektronik, pencipta gadget-gadget dari negara bagian barat, tapi kenapa ga dari timur awalnya? apa mungkin tuhan menciptakan orang barat dengan otak lebih? ga kan? tuhan itu kan maha adil.

Tapi sebenernya jawabannya ada di diri kita sendiri, semua tergantung usaha, niat dan kemauan yang keras, dan 1 hal yang penting adalah pantang menyerah. kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, takkan pernah berhasil dan sukses orang yang belum pernah mencoba. saya baca biografi steven paul jobs atau biasa dikenal steve jobs dan yang akhirnya sekarang saya posting pada blog saya ini pada menu bar good inspirated, saya sangat kagum kepada beliau akan semua usahanya, meski sakit ia tidak pernah menyerah untuk mencipatakan gadget-gadget yang bisa membuat kita terkagum oleh karyanya, beliau orang yang pantang menyerah, dan kalo saya ceritakan disini yang pasti panjang banget, baca aja deh sendiri biografinya di blog saya. saya hanya ingin mengingatkan bawah kunci kesuksesan adalah pantang menyerah. coba terus sampai anda berhasil.

"ketika anda memutuskan menyerah hari, sesuangguhnya besok adalah hari kesuksesan anda. jangan buat anda menyesal karena menyerah pada usaha anda sendiri"

duh udah mau jam setengah 2 aja ni, mau ngerjain tugas kuliah yang lain dulu deh. ^_^

Terima kasih telah mampir di sharing-sciene. admin by  bambang bayu aldi (⋋▂⋌)

1 komentar:

Lowongan Kerja 2014 mengatakan...

Tulisan yang menarik, ditunggu tulisan tulisan terbarunya ya :)

Lowongan Kerja 2014

Posting Komentar

Popular Posts

@bambaldii Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Bambang Bayu Aldi | Bloggerized by Bambang Bayu Aldi - | Affiliate Network Reviews