Selamat datang, selamat sharing, berhubung di kuliah saya belajar pembuatan game, yang memakai strawberry prolog maka kali ini saya akan menjelaskan apa itu game engine dan sekaligus memberi salah satu software pembuat game "Strawberry Prolog".
Didalam kita membuat suatu aplikasi game,
kita membutuhkan sebuah perangkat lunak untuk membuat game yang disebut
dengan game engine. Fungsi utama yang
diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic,
collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence,
networking, memory management, threading dan scene graph.
Beberapa
elemen yang ada di dalam game engine adalah :
-
Tools/Data
Dalam
pengembangan game, dibutuhkan data yang tidak semudah menuliskan text files.
Dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d
model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan,
seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa
code dan fitur yang diperlukan.
-
System
System
sendiri adalah bagian dari game engine yang berfungsi untuk melakukan
komunikasi dengan hardware yang berada di dalam mesin. Jika game engine sudah
dibuat dengan baik maka system ini adalah satu-satunya bagian yang membutuhkan
perubahan yang cukup banyak apabila dilakukan implementasi pada platform yang
berbeda. Di dalam system sendiri terdapat beberapa sub system yaitu graphics,
input, sound, timer, configuration. System sendiri bertanggung jawab untuk
melakukan inisialisasi, update dan mematikan sub system yang terdapat di
dalamnya.
-
Console
Dengan
menambahkan console, kita dapat merubah setting game dan setting game engine di
dalam game tanpa perlu melakukan restart pada game tersebut. Console sendiri
lebih sering digunakan dalam proses debugging. Apabila game engine tersebut
mengalami error kita tinggal mengoutputkan error message tersebut ke dalam
console tanpa harus melakukan restart. Console sendiri dapat dihidupkan dan
dimatikan sesuai keinginan.
-
Support
Support
adalah bagian yang paling sering digunakan oleh system di dalam game engine.
Support sendiri berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan, vector,
matrix, memory manager, file loader. Merupakan dasar dari game engine dan
hampir digunakan semua projek game engine.
-
Renderer/Engine
Core
Pada
game engine, engine core / renderer terdiri dari beberapa sub yaitu visibility,
Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry,
Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex
Shading, dan Output.
-
Game
Interface
Game
interface sendiri merupakan layer diantara game engine dan game itu sendiri.
Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk memberikan interface apabila di
dalam game engine tersebut terdapat fungsi fungsi yang bersifat dinamis
sehingga memudahkan untuk mengembangkan game tersebut.
Jenis-Jenis Game Engine
Open source game engine :
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- jMonkeyEngine (jME)
- Panda3D
- Sphere
dll.
Commercial engines/game engine berbayar (komersial):
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Jade Engine
- Jedi
- Medusa
- RPG Maker VX
- RPG Maker XP
- RPG Maker 2003
- RPG Maker 95
- Vision Engine
nah saya rasa sudah cukup pusing membacanya, sekarang saya masuk ke strawberry prolognya.
"Strawberry Prolog" Prolog
singkatan dari Programming in Logic. Dikembangkan oleh Alain
Colmenraurer dan P.Roussel di Universitas Marseilles Perancis, tahun 1972.
Prolog populer di Eropa untuk aplikasi artificial intelligence,
sedangkan di Amerika peneliti mengembangkan aplikasi yang sama, yaitu LISP.
Aplikasi prolog :
- Sistem Pakar (Expert System)
Program
menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat, layaknya
seorang ahli. Contoh dalam mendiagnosa penyakit.
- Pengolahan Bahasa Alami (Natural Languange Processing)
Program
dibuat agar pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia
sehari-hari, layaknya penterjemah.
- Robotik
Prolog
digunakan untuk mengolah data masukan yang berasal dari sensor dan mengambil
keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan.
- Pengenalan Pola (Pattern Recognition)
Banyak
digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat membedakan
suatu objek dengan objek yang lain.
- Belajar (Learning)
Program
belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dari pengamatan atau dari hal-hal
yang pernah diminta untuk dilakukan.
cukup untuk basa basinya, berikut tempat download software yang saya berikan "Strawberry Prolog Lite Edition" jika ada masalah silahkan tinggalkan komentar
FREE DOWNLOAD STRAWBERRY PROLOG via Putlocker
NB -> caranya : pilih yang free pada putlocker, lalu masukan password, lalu klik here you go, lalu pilih download yang ada gambar disket "download file" lalu file akan terdownload otomatis
NB -> caranya : pilih yang free pada putlocker, lalu masukan password, lalu klik here you go, lalu pilih download yang ada gambar disket "download file" lalu file akan terdownload otomatis
pass putlocker & mediafire: sharingsciene
pass RAR : wonka
1 komentar:
terimakasih strowberinya ya :)
Posting Komentar