Selamat Datang Di Blog Bambang Bayu Aldi

Minggu, 05 Mei 2013

ANALISA WEB http://b-site.vv.si




1.     PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Dewasa ini, perkembangan kesehatan di Indonesia cukup pesat. Banyak lembaga – lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang berpayungkan bidang kesehatan, seperti POSYANDU di tingkat daerah, sampai LAKSMI (  Lembaga Kesehatan Masyarakat Indonesia ) yang bertaraf Nasional.
Masalah kesehatan adalah masalah kompleks yang merupakan hasil dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun buatan manusia. Datangnya penyakit merupakan hal yang tidak bisa ditolak, meskipun kadang bisa dicegah atau dihindari. Konsep sehat sakit sesungguhnya tidak terlalu mutlak dan universal karena ada faktor-faktor di luar kenyataan klinis yang mempengaruhi terutama faktor sosial budaya. Jadi, sangat penting menumbuhkan pengertian yang benar pada benak masyarakat tentang konsep sehat dan sakit karena dengan konsep yang benar maka masyarakat pun akan mencari alternatif yang benar pula untuk menyelesaikan masalah kesehatannya. ( Foster,2006 ).

Pengetahuan masyarakat tentang konsep sehat dan sakit yang benar akan membuat masyarakat mengerti bagaimana memberdayakan diri untuk hidup sehat dan kebiasaan mereka untuk mempergunakan fasilitas kesehatan yang ada. Hal ini merupakan dua dari empat grand strategy yang dilakukan Departemen Kesehatan untuk mewujudkan visinya yaitu “memandirikan masyarakat untuk hidup sehat” dengan misi “membuat masyarakat sehat” (Depkes RI, 2009).



1.2     TUJUAN PENELITIAN

·       Untuk memperluas pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan dan berbagai macam penyakit yang bisa timbul di sekitar mereka.
·       Untuk berbagi informasi seputar kesehatan masyarakat yang sedang berkembang.

1.3     BATASAN MASALAH

Mengingat cukup luasnya ruang lingkup dan agar tidak menyimpangnya materi dari pembahasan, maka kami selaku penulis membatasi permasalahan tersebut pada :


·       Tujuan Pembuatan Web Kesehatan Masyarakat.
·       Pengenalan jenis penyakit dan gejalanya, dimana kami memfokuskan pada penyakit Paru – Paru.
·       Penggunaan web setelah di buat.

1.4     METODE

1.4.1  PERENCANAAN


Untuk lebih memudahkan penjelasan pada bagian perencanaan, maka penulis mengkategorikannya lewat pertanyaan seperti di bawah ini :    




·       Web apa ?

Disini, kami ingin mencoba membuat sebuat web berbasis aplikasi Joomla, dimana web kami nantinya akan menampilkan informasi seputar kesehatan masyarakat, dan yang akan kami fokuskan dalam web ini adalah tentang penyakit Paru – Paru dan gejalanya.

·       Untuk apa ?

Kami membuat web ini untuk memberikan informasi seputar kesehatan masyarakat yang terus berkembang, dan sebagai wadah untuk diskusi seputar kesehatan masyarakat.

·       Untuk siapa ?

Target kami dalam pembutan web ini adalah untuk semua kalangan, baik dari yang muda sampai yang tua, karena menurut kami kesehatan masyarakat dapat mencakup semua golongan umur.

·       Memakai apa ?

Kami membuat web ini dengan menggunakan Joomla versi 3.0, dimana disana kami akan mendesain konten-konten apa saja yang akan kami tampilkan pada web kami.

·       Bagaimana pembuatannya ?

Sebenarnya, pembuatannya tidak berbeda jauh seperti pembuatan web pada umumnya, namun karena disini kami memakai Joomla, maka kami lebih memfokuskan dalam mendesain konten-konten yang akan kami taruh dalam web kami, seperti sebuah artikel yang di sertai gambar ataupun video bila memungkinkan.


1.4.2       ANALISA

Dalam analisa, kami juga menerapkan hal yang serupa seperti pada perencanaan, yaitu menerangkan lewat sebuah pertanyaan seperti di bawah ini :

·       Sistem lamanya bagaimana ?
Sebelumnya kami telah meneliti beberapa web yang menampilkan seputar kesehatan masyarakat, disana kami melihat bahwa mereka membuat web tersebut dengan menyediakan menu-menu materi seputar kesehatan lingkungan, dan artikel serupa mengenai kesehatan.
·       Kelemahannya apa ?

Dengan penelitian yang sama kami telah melihat beberapa kelemahan yang ditampilkan dari sebuah web kesehatan tersebut, diantaranya adalah kurangnya gambar maupun dalam artikelnya, karena menurut kami gambar ataupun video adalah salah satu media yang cukup penting dalam sebuah web kesehatan, karena disana pembaca dapat melihat langsung contoh dari apa yang di tulis dalam sebuah artikel yang ada di web.

·       Sistem yang baru bagaimana ?
Untuk sistem yang baru atau yang akan coba kami buat yaitu dengan menampilkan lebih banyak gambar maupun video sebagai penjelas sebuah informasi dalam sebuah artikel di web. Selain itu juga kami akan mencoba membuat Member Area dimana semua orang yang telah terdaftar dalam web kami dapat berbagi informasi mengenai kesehatan ataupun penyakit yang mereka ketahui.


1.4.3  DESAIN

Untuk desain, kami memakai metode Use Case. Selain menggunakan Use Case, kami juga mencoba membuat tampilan web dalam bentuk User Interface

jika anda ingin mendownload lebih lengkap klik disini (admin b-site)















































 




















0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

@bambaldii Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Bambang Bayu Aldi | Bloggerized by Bambang Bayu Aldi - | Affiliate Network Reviews