Selamat Datang Di Blog Bambang Bayu Aldi

Selasa, 09 Oktober 2012

Konsep Dasar News Media

Definisi New Media

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Media siapa yang tidak tahu media? media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Dalam ilmu komunikasi, media bisa diartikan sebagai saluran, sarana penghubung, dan ala-alat komunikasi. Kalimat media sebenarnya berasal dari bahasa latin yang secara harafiah mempunyai arti perantara atau pengantar. 
 
 
Berikut ini adalah pengertian dan definisi media:
 
# UNIVERSITAS INDONESIA. FAKULTAS SASTRA
Media merupakan alat teknis yang digunakan untuk melakukan mediasi atau menyampaikan pesan; dengan kata lain, media merupakan alat komunikasi
 
# GROSSBERG
Media merupakan institusi yang difungsikan untuk mengembangkan kebebasan berpendapat dan menyebarkan informasi ke segala arah, yakni kepada publik dan institusi lainnya termasuk pemerintah
 
# HENK SCHULTE
Media merupakan perpanjangan panca indra
 
# BAMBANG PURWANTO
Media merupakan keristalisasi pemikiran manusia yang terus bertahan melampaui waktu kehidupan individual - yang menciptakan gambaran individu
 
# RATNA SAPTARI
Media merupakan alat interaksi sosial
 
# TURNER
Media adalah agen dan tempat pertarungan wacana dan ideologi berlangsung
 
# SR. MARIA ASSUMPTA
Media adalah sebagai suatu alat dimana otak sebuah kaum menanamkan ideologinya dalam wacana yang ekmudian diproduksi oleh media, dan kemudian dikonsumsi oleh masyarakat
 
# BOVEE, 1997
Media adalah alat yang berfungsi menyampaikan pesan
 
# OLIVIER
Media adalah alat transmisi utama dan sumber informasi dalam masyarakat
 
# FIRSAN NOVA
Media merupakan saluran penyampaian pesan dalam komunikasi antarmanusia
 
# INDRA BASTIAN
Media adalah LSM yang efektif
 
# HERI D.J MAULANA
Media adalah saluran atau alat yang dipakai sumber utnuk menyampaikan pesan pada sasaran
 
# SCHRAM
Media adalah tekhnologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, jadi media adalah perluasan dari guru
 
# NEA, 1969
Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk tekhnologi perangkat kerasnya
 
# BRIGGS, 1970
Media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar
Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Menurut pandangan saya , selaku pemakai atau pengguna "NEW MEDIA" . mengambil kesimpulan , bahwa new media pada masa sekarang ini sudah sangat membantu kita sebagai internet user . namun new media bisa bermanfaat jika kita menggunakan nnya sesuai dengan norma2 yang berlaku .

Manfaat News Media

Dari penjelasan New Media diatas maka dapat diketahui New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
    Sebagai Media transaksi jual beli
    Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
    Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
    Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
  • Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
  • Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
    Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
    Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.


Komponen New Media

Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media.
Aplikasi News Media

Pada saat perkembangan teknologi sedag berkembang dengan sangta cepatnya, pasti banyak sekali produk-produk multimedia yang semakin banyak juga yang akan kita ketahui, baik itu melalui media massa, ataupun media elektronk seperti internet pada saat ini.
Seiring dengan berkembang pesatnya media saat ini, saya akan membahas tentang beberapa aplikasi new media yang sudah awam kita gunakan sehari hari sebagai sarana untuk membantu kita dalam berbagai bidang. Contohnya yang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah Facebook. Siapa yang tak kenal dengan jenis jejaring sosial ini? Dari mulai anak anak sampai orang dewasa bahkan sudah sangat familiar dengan nama ini. Begitu pula berbagai jenis aplikasi new media lain yang juga sudah banyak digunakan masyarakat. Beberapa contohnya akan saya bahas dalam artikel ini :

Facebook

Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.

Youtube

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.

>> Wikipedia
>> Twitter
>> Myspace

http://carapedia.com/pengertian_definisi_media_info2046.html
http://fajarcihuyy.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

@bambaldii Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Bambang Bayu Aldi | Bloggerized by Bambang Bayu Aldi - | Affiliate Network Reviews